SEO, SEM, Internet Marketing, dan Content Marketing

//SEO, SEM, Internet Marketing, dan Content Marketing

SEO, SEM, Internet Marketing, dan Content Marketing

Saat Anda memulai program dan kampanye Content Marketing Anda secara online, Anda tidak akan lepas dari search engine seperti Google.

Bahkan, Anda akan sangat mengandalkan search engine untuk mengarahkan pembaca, target pasar, dan calon konsumen Anda ke brand channel (website dan media sosial) Anda. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memahami beberapa istilah di internet, bagaimana kondisinya, dan bagaimana tips menggunakannya.

 

Apa Itu SEO dan SEM?

SEO atau Search Engine Optimization, adalah proses mengoptimasi website Anda dengan tujuan mendapatkan atau mengoptimalkan traffic organik, gratis, dan tajam dari search engine. Sebuah website yang di optimalkan akan lebih mudah ‘dibaca dan dipahami’  oleh crawler search engine, membuatnya berada di posisi yang lebih tinggi di SERPS (Search Engine Result Pages), atau halaman hasil pencarian.

Walau masih berfungsi dan digunakan dengan optimal untuk menarik traffic, cara kerja SEO kini sudah berubah, dan tidak bisa lagi ‘diakali’ oleh para praktisi SEO seperti dulu. Alasan untuk ini adalah karena algoritma baru Google yang diluncurkan dan terus diupdate sejak tahun 2011: Google Penguin, Google Panda, dan Google Hummingbird.

  • Google Penguin, bekerja dengan mengeliminasi website- website yang dianggap merupakan spam, dengan konten yang tidak sesuai (misalnya hanya melakukan repetisi kata kunci), atau membeli backlink secara blackhat.
  • Google Panda, adalah algoritma Google yang menurunkan ranking website- website dengan konten yang tidak berkualitas atau relevan, dan meningkatkan website yang memiliki konten berkualitas.
  • Google Hummingbird, adalah algoritma Google yang berfungsi lebih pada analisa konteks suatu konten, dan sinonim- sinonim kata untuk pencarian konten lebih relevan.

Artinya? Google mendorong website untuk memiliki konten yang baik dan relevan, dan akan mengangkat website- website tersebut ke ranking teratas di halaman pencariannya.

Lalu apa bedanya SEO dan SEM?

SEM (Search Engine Marketing), atau seringkali disebut juga Search Marketing, adalah segala usaha pendekatan dan strategi marketing dengan memanfaatkan dan mengoptimasikan search engine seperti Google.

Baca Panduan  Cara Membuat Kalender Editorial untuk Content Marketing

Jadi kalau SEO memusatkan diri pada optimasi website untuk meningkatkan rankingnya, SEM memiliki cakupan aktivitas lebih luas, melibatkan berbagai metoda untuk meningkatkan pengunjung dari search engine (mesin pencari), termasuk menggunakan PPC Ads atau Adwords Google.

SEO adalah bagian dari SEM.

 

Content Marketing dan Internet Marketing

Beberapa dari Anda juga mungkin masih mencoba membedakan juga antara Content Marketing, Social Media Marketing, dan Internet Marketing.

Apa beda ketiga aktivitas marketing online ini?

  • Content Marketing, adalah pendekatan dan strategi marketing dengan membuat dan menyajikan konten untuk menarik traffic, membangun loyalty brand, dan membangun brand, dengan membuat konten berharga. Lebih lengkapnya tentang definisi dan penjelasan content marketing bisa Anda baca di sini.

Contoh:

Sebagai brand yang menjual makanan ringan, Anda membuat konten berupa artikel berjudul “Memilih makanan ringan sehat”, untuk menarik calon pembeli dan target pasar yang mencari konten tersebut, dan membangun hubungan dengan mereka.

  • Social Media Marketing, adalah strategi menggunakan media sosial, feed, untuk menarik dan mengarahkan traffic ke website Anda, dengan interaksi, engagement, atau konten berharga, yang akan mereka baca, dan mereka sebarkan di jaringan media sosial mereka.

Contoh:

Anda meneruskan artikel “Memilih makanan ringan sehat” tadi dalam bentuk meme di Facebook Anda, dan mendorong follower Anda untuk mengikuti linknya menuju website Anda, dan membaginya di Facebook mereka juga, agar brand Anda menyentuh seluruh daftar teman mereka.

  • Internet Marketing, mengambil cakupan aktivitas yang lebih luas lagi, dengan melingkupi SEMUA aktivitas yang dilakukan di internet sebagai langkah promosi strategis untuk brand, dan penjualan Anda. Karena terlalu luas inilah, dibutuhkan spesialis dalam bagian- bagiannya.

Dengan adanya algoritma baru dari Google dalam SEO dan SEM, serta meningkatnya persaingan dalam pemasangan iklan PPC di Google, Content Marketing menjadi salah satu bagian terpenting dari proses Internet Marketing!

 

SEO dan Content Marketing

SEO dan Content Marketing untuk Brand

Google mendorong website untuk mengembangkan konten dengan memberikan ranking lebih tinggi untuk website- website dengan konten berkualitas. Ini membuat SEO kini menjadi terkait dengan Content Marketing!

Baca Panduan  Membangun Brand Channel Anda

Anda TIDAK BISA hanya membuat website dengan isi seadanya, dan mengandalkan SEO semata, tanpa konten yang sesuai dengan konteks atau relevansi dalam konten Anda.  Google akan mengeliminasi website Anda, dan menurunkan rankingnya di halaman hasil pencarian!

SEO harus didukung dengan Content, dan Content menggunakan SEO untuk menarik traffic!

Apa artinya ini?

Strategi SEO Anda kini menjadi satu dengan strategi Content Marketing.

Contoh:

Bila Anda mengoptimalkan SEO untuk website butik busana Anda, dan Anda mengoptimalkannya untuk kata kunci “baju formal, baju resmi, jual baju, beli baju, baju pesta, baju resmi”, dan sebagainya, tapi Anda tidak memiliki artikel- artikel yang relevan dengan kata- kata kunci tersebut, maka Google tetap tidak akan memperhitungkan ini dalam ranking website Anda!

Ini belum semua!

Bila Anda memiliki artikel dan konten- konten dengan kata kunci tersebut, Google akan memperthitungkan konteks dalam konten Anda, dan memperhitungkan kepadatan kata kunci dan relevansi pengulangannya dalam artikel Anda itu.

Bila kepadatan kata kunci dalam konten Anda kurang, maka website Anda akan diadu dengan website lain dengan kata kunci yang sama, dan bila mereka memiliki konten yang lebih berkualitas, ranking Anda akan diletakkan dibawahnya!

Baca panduan memilih keyword dalam membuat konten di sini.

Membuat konten berkualitas menjadi KUNCI kesuksesan seluruh kampanye Internet Marketing Anda. Content Marketing menjadi kunci keberhasilan brand Anda!

Tips:

  • Perhatikan kata- kata kunci yang cocok dengan website dan produk atau jasa Anda.
  • Gunakan kata- kata kunci tersebut sebagai topik konten- konten Anda.
  • Gunakan kata kunci itu dalam judul konten Anda, dan dalam sub judulnya.
  • Gunakan kata- kata itu dalam konten Anda.
  • Buatlah konten- konten yang dicari orang, informatif, dan menghibur.
  • Gunakan media sosial untuk menyebarkan konten Anda.

Selamat mengoptimalkan bisnis Anda dengan Content Marketing!

 

By |2018-12-25T18:52:05+00:00June 25th, 2016|Panduan Content Marketing|0 Comments