Pengguna Internet di Indonesia pada tahun 2015 berjumlah sebanyak 88,1 juta dari 200 juta penduduk (kominfo.go.id) dan mungkin akan terus bertambah. Dengan jumlah yang besar tersebut, pemasaran online sangat menjanjikan baik dalam bidang barang atau jasa.

Memiliki bisnis online maupun offline di era serba digital ini memang sangat memerlukan tools sebagai penunjang. Salah satunya dengan memiliki website sebagai alat komunikasi pemasaran Anda dengan konsumen.

Dengan memiliki website, perusahaan dapat membuktikan konsekuensinya dalam memberikan kemudahan untuk pelanggan yang ingin mencari informasi mengenai perusahaan atau melakukan pembelanjaan secara online. Selain itu website berfungsi juga dalam melancarkan image building dalam brand Anda.

Namun memiliki website saja tidak cukup. Perlu optimalisasi website agar tujuan Anda dalam pemasaran dapat tercapai seutuhnya. Bayangkan dari 88,2 juta pengguna Internet tersebut mungkin satu pertiganya merupakan orang-orang yang memiliki bisnis dan telah menggunakan website sebagai sarananya. Dan mungkin setengahnya dari pebisnis tersebut merupakan orang yang berbisnis di ranah yang sama dengan Anda dan merupakan kompetitor Anda.

Bagaimana Anda mengungguli mereka? Salah satunya dengan memenangkan persaingan di ranah online melalui optimalisasi website yang Anda gunakan.

Banyak hal yang dapat digunakan untuk mengoptimalisasi website, misalnya dengan mempromosikan ke sosial media, memasang promo di berbagai iklan baris dan menggunakan teknik SEO. Dalam menggunakan SEO Anda dapat mengerjakannya sendiri jika memang sudah mengetaui tekniknya, atau menyerahkannya ke penyedia layanan jasa SEO.

 

 

SEO merupakan hal utama yang menunjang optimalisasi website Anda. Dengan teknik SEO website Anda bisa muncul di halaman utama mesin pencarian Google, yang artinya kesempatan konsumen mengunjungi website Anda akan lebih tinggi. Dengan mengunjungi dan melihat konten website, akan  memudahkan terciptanya engagement antara konsumen dengan brand yang Anda miliki.

Bukan perkara yang mudah untuk membuat website Anda masuk dalam 10 besar mesin pencarian Google. Namun, Anda masih dapat mengusahakannya melalui tips-tips berikut yang dilansir situs www.maxmanroe.com :

  1. Riset Kata Kunci

Langkah pertama yang sangat penting dan harus anda kerjakan adalah mencari tahu bagaimana orang mengetik kata kunci di search engine Google untuk mencari informasi yang butuhkan. Bagaimana caranya? Anda dapat melakukan riset keywords dengan menggunakan Google Adwords: Keyword Tools, layanan ini disediakan oleh Google secara gratis.

  1. Gunakan Domain Berisi Kata Kunci

Meskipun domain tidak selalu harus menggunakan kata kunci, tapi dengan memasukkan keywords dalam domain tentunya akan membantu mesin pencari untuk mengetahui fokus website yang dibuat. Anda bisa menyesuiakan domain apa yang tepat untuk website Anda.

  1. Gunakan Platform yang Tepat untuk Website Anda

Sebenarnya tidak masalah mau membangun situs Anda dengan menggunakan platform yang Anda sukai. Bagaimanapun juga, bila Anda ingin membuat sebuah situs yang Google friendly dan user friendly maka platform WordPress adalah pilihan terbaik. Pada platform WordPress kita juga dapat menginstal berbagai plugins yang dapat membantu kegiatan SEO dan juga membantu tampilan situs agar terlihat lebih baik.

  1. Gunakan Permalinks yang Baik

Pastikan setiap permalink postingan anda berisi judul postingan karena permalinks yang baik sangat membantu dalam kegiatan SEO Anda. Menurut Google, struktur permalink yang baik adalah struktur permalink yang mendeskripsikan konten halamannya. Pada beberapa platform, permalinks dapat Anda atur sendiri.

  1. Gunakan Plugins SEO

Jika Anda menggunakan WordPress, Anda dapat menginstal plugins pendukung yang dapat membantu SEO situs Anda. Beberapa plugins WordPress yang sangat membantu SEO website anda adalah:

  • Yoast WP SEO atau All In One SEO Pack
  • Google XML Sitemaps
  • SEO Friendly Images
  1. Membangun Backlinks

Algoritma search engine akan selalu berubah dari waktu ke waktu, namun hal penting yang tidak akan pernah berubah dalam SEO adalah backlinks. Hal penting yang harus tetap diperhatikan ketika membangun backlinks untuk sebuah situs adalah membangun backlinks yang berkualias.

Baca Panduan  Cara Membuat Persona untuk Content Marketing

Gunakan waktu senggang Anda untuk membangun backlinks dan lakukan secara terus menerus dengan bertahap.

 

Selain teknik SEO yang telah dijabarkan tersebut, terdapat pula beberapa penunjang yang dapat memaksimalkan SEO dari website yang Anda kelola. Hal-hal yang dapat Anda lakukan selanjutnya diantaranya:

  1. Kelola Konten Anda

Konten merupakan bagian inti dari website Anda. Konten adalah alasan mengapa dan untuk apa orang-orang mengunjungi website Anda. Struktur konten website yang baik merupakan sebuah keharusan. Mengenai panjang pendeknya sebuah konten yang baik dalam SEO memang sempat menjadi perdebatan. Ada beberapa sumber yang mengatakan artikel minimal 500 kata, ada pula yang berpendapat 700 kata.

Lupakan sejenak mengenai SEO ketika menulis konten. Faktanya tidak ada yang lebih baik daripada sebuah konten yang original. Bagi search engine modern masa kini jumlah keyword tidak lagi berarti. Sistem alogaritme search engine sekarang ini lebih memperhitungkan tingkat relevansi keyword dengan konteks dari konten di mana keyword itu disematkan.

 

Tips

  • Fokuslah pada isi konten yang Anda tulis. Biarlah keyword mengalir bersama isi konten.
  • Konten yang Anda tulis harus mudah dibaca. Gunakanlah kata-kata yang mudah diucapkan.
  • Anda harus memiliki konten yang unik dan belum pernah dimuat pada website manapun sebelumnya. Semakin Anda menunjukkan keunikan, maka search engine akan dengan cepat mengetahuinya, karena artinya website Anda memiliki perilaku yang ramah SEO.

 

Jangan lupakan mengenai rutinnya memposting konten baru dalam website Anda!

Anda mungkin sudah mengetahui keharusan menyediakan konten baru setiap hari atau setiap minggunya secara konsisten untuk alasan SEO. Untuk penampilan terbaik, Anda dapat menyertakan gambar atau animasi dalam konten. Anda juga dapat menyisipkan video untuk efek maksimum. Sudah terbukti bahwa video jauh lebih menarik untuk pengguna, terutama untuk pengguna ponsel.

Baca Panduan  Meme dalam Content Marketing : Low Cost High Impact

 

  1. Hubungkan dengan Sosial Media

Memiliki akun sosial media untuk bisnis Anda merupakan sebuah keharusan. Sosial media tidak hanya akan membantu SEO website, tapi juga akan menambah pengunjung ke website Anda.

Selain itu, Anda harus membentuk jalur yang jelas antara jaringan media sosial ini dan website. Sisipkan alamat web pada akun sosial media bisnis Anda.

Untuk menambahkan akun sosial media pada website dibutuhkan beberapa Add-ons pada platform yang Anda gunakan. Dan jika Anda ingin memudahkan mereka untuk berbagi konten dari situs anda ke feed media sosial mereka maka buatlah tombol berbagi social media di website Anda.

 

Itulah beberapa tips dan arahan untuk mengoptimalkan website yang Anda miliki untuk menunjang bisnis yang Anda geluti. Selamat berbisnis di era 2.0 !