Anda pebisnis yang sedang memikirkan cara untuk promosi? Mungkin Anda tertarik untuk memasang iklan di media massa. Itu tidak menjadi kendala selama Anda memiliki budget yang cukup untuk memasang iklan di media massa. Namun jika Anda pebisnis start-up yang ingin tetap melakukan promosi, Anda bisa menyiasati pengeluran besar dana promosi di media massa itu dengan promosi melalui internet atau online.

Mempromosikan bisnis Anda secara online bisa dengan berbagai cara salah satunya melalui sosial media. Di Indonesia sosial media yang paling banyak digunakan adalah Facebook. Dilansir dari kompas.com Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah RGA Facebook terbesar di dunia. Jumlah pengguna aktif bulanan Facebook di Tanah Air mencapai kisaran 82 juta orang pada 2015.

Jumlah 82 juta berlaku untuk pengguna aktif bulanan, yakni mereka yang mengakses Facebook paling tidak sekali dalam waktu satu bulan. Untuk pengguna aktif harian (daily active user) yang selalu membuka Facebook tiap hari, angkanya tercatat sebesar 43 juta. Dan sebagian besar (94 persen) dari 82 juta pengguna Facebook Indonesia mengakses jejaring sosial tersebut dari perangkat mobile.

Dengan tingginya pengguna Facebook di Indonesia itu, bisa Anda manfaatkan menjadi peluang dalam promosi dan mengembangkan bisnis Anda.

Facebook memiliki dua akses yang memang disediakan untuk promosi yaitu Facebook Fanpage dan Facebook Ads. Meskipun berfungsi sama, namun keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Facebook Fanpages dapat Anda manfaatkan secara gratis untuk kepentingan bisnis, sedangkan untuk Facebook Ads, Anda harus merogoh kocek untuk dapat memanfaatkannya.

Anda tentunya tetap harus memerhatikan penggunaan dua feature dari Facebook ini ketika menggunakannya sebagai sarana dalam mempromosikan Bisnis Anda. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan Facebook Fanpage dan Facebook Ads dapat Anda simak disini.

 

Facebook Fanpage

 

Facebook Fanpage merupakan fasilitas yang bisa Anda maksimalkan dalam bisnis Anda di Internet. Fanpage dapat digunakan secara gratis oleh pengguna Facebook.

 

Mengapa Facebook Fanpage? Hal ini dikarenakan Facebook personal terbatas hanya bisa menampung 5000 teman, lain halnya dengan Facebook Fanpage, Fanpage bisa menampung teman dalam bentuk like tidak terbatas.

Maksimalkan Facebook Fanpage Anda dengan strategi konten marketing. Buatlah perencanaan konten marketing terlebih dahulu. Konten yang terencana membantu pemasar atau pebisnis untuk menentukan arah strategi konten pemasaran yang akan dilakukan. Beberapa perencanaan konten tersebut bisa berisi kapan status akan di-publish serta isi statusnya.

Baca Panduan  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Ada beberapa cara untuk memaksimalkan isi konten marketing di Facebook. Salah satunya dengan memposting artikel secara rutin. Akan lebih baik jika artikel tersebut berupa artikel yang telah di publish di website bisnis Anda. Kemudian cantumkan link artikel yang telah terpublish itu di halaman Fanpage Anda. Sesuaikan tampilan antara feature image, description dari link Anda dengan copywrites yang akan Anda gunakan.

Ingatlah untuk selalu membagikan konten yang bermanfaat bagi fans Anda. Banyak orang ingin melihat konten yang menarik dan original. Hindari hard selling atau mempromosikan produk dan merek Anda secara langsung dan terus menerus, karena orang pasti akan bosan melihat halaman Facebook Anda.

Perhatikan juga informasi yang tengah marak. Anda bisa memanfaatkan itu untuk mencuri perhatian melalui Facebook Fanpage. Hari-hari besar nasional dan event khusus juga bisa Anda manfaatkan untuk memperkaya tema konten di halaman Facebook.

Tips :

  • Buatlah Artikel dengan tips and trick mengenai produk Anda atau terkait dengan brand Anda
  • Jangan lupakan link artikel yang Anda cantumkan. Gunakan bitly.com untuk mengatur nama pada link artikel
  • Update status dengan konten berisi quotes, meme, status update mengenai promo atau produk terbaru atau status yang interaktif agar terciptanya engagement pada konsumen
  • Jadwalkan posting secara rutin dan konsisten

 

Facebook Fanpage memiliki feature penjadwalan secara otomatis. Anda bisa memanfaatkannya untuk konsistensi postingan pada Facebook Fanpage Anda. Feature ini memungkinkan Anda menjadwalkan posting 40 menit hingga enam bulan dari schedule. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk memudahkan dan menghindari lupa menjadwalkan post.

Tujuan utama dari pembuatan Fanpage Facebook ini adalah memperbanyak jumlah likes pada halaman untuk meningkatkan brand awareness dan engagement brand Anda. Jadi fokuslah pada memperbanyak likes!

Jumlah likes adalah jumlah calon konsumen Anda. Semakin besar jumlah likes, maka semakin besar calon pembeli. Buatlah target jumlah like yang ingin Anda peroleh, kemudian jangan lupa lakukan monitoring, pastikan target dapat tercapai.

Tips :

  • Jika Anda sebagai admin, undanglah teman-teman Anda untuk menyukai Facebook Fanpage Anda
  • Kerjasama dengan admin Facebook lain untuk mempromosikan Fanpage Anda
  • Asah kreatifitas Anda dalam membuat post. Buatlah postingan yang mengundang banyak komentar
  • Buat fans Anda di Facebook tergerak untuk memberikan likes dan share pada postingan Anda
  • Mengiklankan Facebook Fanpage Anda
Baca Panduan  Mengoptimalkan Website Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Jangan lupakan mengenai bahwa Facebook Fanpage ini merupakan jembatan antara Anda dengan konsumen. Jangan bersikap seperti robot saat mengelola Facebook Fanpage. Aktiflah membangun percakapan dengan fans. Percakapan sangat penting untuk membangun relasi dengan calon konsumen. Jika ada pertanyaan, responlah maksimal 1×12 jam.

 

Facebook Ads

Facebook ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu bisnis produk/jasa dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan tersebut.

facebook-ads-reports-logo

Iklan dari Facebook lebih dapat menjangkau banyak orang dibandingkan Fan Page. Keuntungan dari Facebook ads sendiri adalah pemasang iklan dapat menentukan target pemasaran iklannya, misalnya jangkauan umur, wilayah, sampai ke minat atau behaviour pasar.

Harga untuk memasang iklan pada Facebook ini beragam tergantung pada luas jangkauan yang ingin dicapai.

Meskipun sejumlah pengaturan telah diatur otomatis oleh Facebook, kita tetap harus melakukan strategi agar Facebook Ads dapat lebih efektif.

 

Tips :

  • Pilih Ads yang Sesuai Kebutuhan

Facebook ads memiliki beberapa kategori seperti Page Post Engagement, Page Likes, Clicks to Website, Website Conversion, Apps atau Events. Anda bisa memilih iklan apa yang cocok untuk bisnis Anda

  • Pilih Target Iklan

Right message to right people merupakan prinsip dari pernagetan iklan yang akan kita promosikan. Jangan memilih umum, jika memang produk Anda mempunyai segmen tertentu. Hal ini juga sebagai strategi brand engagement pada konsumen.

  • Gunakan Sponsor Story

Ads ini bekerja dengan menargetkan teman dari fans. Sponsor Story dapat tampil di sidebar, newsfeed pc/laptop, atau newsfeed Facebook mobile. Fitur seperti Sponsored Story lebih efektif mendapatkan trafik. Karena sesuatu yang disponsori atau direkomendasi teman biasanya akan lebih memiliki konversi lebih besar.

  • Tes dengan CPC dan CPM

Sesuaikan dengan bisnis apa yang Anda tawarkan. Apabila Anda mengiklankan suatu produk Anda  bisa set ke CPC (Cost Per Click). Namun jika Anda mengiklankan jasa, bisa coba CPM (Cost Per Mile).

  • Cek rutin landing page dan performa iklan Anda!

Itulah beberapa tips untuk mengotimalkan Facebook Fanpages dan Facebook Ads untuk bisnis Anda. Jika dimanfaatkan dengan baik dan optimal, fitur promosi ini bisa sangat positif terhadap brand Anda. Apalagi jika dilihat dari penggunanya yang sangat banyak di Indonesia.

Selamat mempromosikan brand Anda!