Kini saatnya untuk mulai membuat konten untuk program Content Marketing Anda!

Baik sebagai brand atau bisnis ataupun sebagai kreator konten, untuk membuat konten efektif dalam suatu program Content Marketing, Anda WAJIB menyajikan konten yang bagus, menarik, dan sukses secara rutin!

Konten yang menarik dan sukses bisa diartikan sebagai:

“Konten- konten yang memuat informasi atau hiburan; yang relevan, dibutuhkan, atau dicari oleh target audience; dan mendorong mereka untuk bereaksi, berinteraksi, membagi konten itu ke jaringannya; dengan tujuan untuk membangun keterikatan, kesetiaan, dan rasa percaya pada brand Anda, yang pada akhirnya, akan menjadi sumber leads dan penjualan yang berharga”.

Artinya, sebagai brand ataupun kreator konten, ada beberapa point penting dalam membuat konten yang baik:

  1. Konten harus memuat informasi, edukasi, atau hiburan.
  2. Konten sebaiknya relevan dengan audience yang dituju.
  3. Topik konten dicari secara aktif oleh audience yang dituju (baca: cara memilih keyword untuk konten)
  4. Mendorong dan memancing reaksi dan interaksi, seperti like, share, comment.
  5. Membangun kesetiaan dan rasa percaya dengan audience.
  6. Sebagian konten bisa digunakan untuk leads generation, atau mengumpulkan leads calon konsumen.

Dan semua itu bisa disampaikan dalam jenis dan tipe- tipe konten yang berbeda, tergantung tujuannya!

 

Jenis- Jenis Konten dalam Content Marketing

Dengan terus berkembangnya teknologi informasi, media, dan kreativitas para pelaku industri startup, jenis- jenis konten baru yang bisa Anda manfaatkan untuk program Content Marketing Anda terus bermunculan setiap harinya. Tidak ada batasan memilih jenis konten untuk berkarya dan membuat konten.

Tapi umumnya, beberapa jenis konten dasar yang bisa Anda manfaatkan antara lain:

ARTIKEL

Hal pertama yang dilakukan saat mengembangkan brand dan bisnis adalah membuat website. Tapi website itu ibarat rumah dan toko. Website adalah tempat dimana orang datang untuk menengok brand Anda dan melihat apa yang Anda punya untuk mereka. Jadi hal terpenting dari sebuah website bukan sekedar ‘punya atau tidaknya’, tapi “apa isinya”?

Apa yang Anda miliki di website Anda? Apa jasa dan manfaat yang Anda berikan pada pelanggan atau calon pembeli di website Anda? Apa isi konten yang akan membuat mereka kembali ke website Anda, dan membangun hubungan baik dengan brand Anda?

Jantung dan jiwa website Anda adalah artikelnya.

  • Artikel adalah elemen yang membuat pengunjung Anda tahu bahwa Anda bukan cuma menjual, tapi sebagus apa brand Anda sebenarnya, bagaimana Anda perduli pada kebutuhan mereka, seahli apa brand Anda di bidang Anda, dan bagaimana memakai produk Anda dengan baik.
  • Artikel yang baik terdiri dari 500- 1500 kata, informatif, dan menghibur, dan sesuai dengan tujuan brand Anda. Seni mendistribusikan artikel berbeda untuk setiap brand, dari setiap hari hingga seminggu beberapa kali.
  • Kualitas artikel dan strategi distribusinyalah penentu keberhasilan sebuah situs.

INFOGRAFIK

Orang- orang melakukan aktivitas di internet untuk tiga alasan, mencari informasi, mencari hiburan, atau kombinasi keduanya. Ketika mereka mencari informasi, memiliki dan menyediakan informasi dalam bentuk grafik yang menarik dan dapat dipahami di website atau brand channel kita selalu jadi cara yang terbaik! Inilah tujuan utama infografik.

Dengan memakai infografik, Anda dapat menyederhanakan informasi, data, how- to dan tutorial, dan semua hal yang berhubungan dengan brand Anda, agar follower, pelanggan, dan calon pembeli bisa belajar dan memahami produk, dan bidang usaha Anda lebih baik lagi.

  • Berkat sifatnya dalam bentuk grafik sederhana, infografik seringkali mudah dibagi/ di share, disimpan, dan disebarkan diantara pembaca dan pelanggan Anda. Apalagi infografik yang menguntungkan untuk mereka.
  • Bila brand Anda, misalnya, menangani susu, dan dairy products, akan sangat bermanfaat untuk brand Anda bila Anda membuat dan menyebarkan infografik tentang “Bagaimana Menjaga kesehatan Balita”, atau “10 panduan ibu menyusui”, dan sebagainya.
  • Langkah ini akan membantu positioning brand Anda lebih tinggi di pikiran calon pembeli Anda.
Baca Panduan  Memilih Keyword untuk Membuat Konten Berkualitas

MEME

Meme adalah jenis media yang dirancang khusus untuk penyebaran di channel media sosial atau chat.

Secara luasnya, istilah visual meme bisa diterapkan pada proses penyampaian informasi atau joke sederhana melalui gambar, animasi gif, video singkat, foto, yang dirancang untuk memancing orang ikut berpartisipasi dalam isinya – bahkan membuat versi mereka sendiri – dan menyebarkannya di jaringan mereka.

Banyak gaya yang bisa dikategorikan dalam visual meme, dari joke, foto jenaka, komik sederhana, sampai kutipan. Setiap brand bisa memilih dan menggunakan berbagai tipe yang paling cocok untuk menyampaikan pesannya kepada pelanggan.

  • Visual meme membuat konsumen Anda lebih mudah untuk menyebarkannya di social media mereka. Sehinggaada kemungkinan brand Anda akan meraih penyebaran viral.
  • Dalam budaya ‘like’ dan ‘share’, visual meme adalah cara murah untuk menyebarkan konten dan pesan Anda secara rutin disebarkan oleh pembeli ke calon pembeli.
  • Sebuah meme bisa menghibur, informatif, atau keduanya sekaligus.

ANIMASI EXPLAINER

Brand dan produk yang hebat seperti milik Anda perlu introduksi yang layak. Dan beberapa jenis jasa akan bisa dipahami lebih baik lagi dengan sebuah animasi explainer yang sederhana, informatif, menarik, dan berkualitas. Animasi explainer dibuat secara spesifik untuk menolong pelanggan dan calon pelanggan Anda memahami konsep brand Anda, produk Anda, atau informasi apapun yang ingin Anda sampaikan.

Animasi explainer adalah cara terbaik untuk membantu menjelaskan hal yang rumit dalam waktu kurang dari tiga menit!

  • Animasi explainer akan memberikan kelas dan profesionalitas pada brand Anda.
  • Dengan sifat dasar animasi explainer, apapun yang ingin Anda jelaskan, dari produk, langkah penggunaan, tutorial, perkenalan brand baru, pengumuman, atau bahkan operating procedures akan dapat dipahami lebih jelas dan lebih mudah.
  • Bila Anda mengupload explainer Anda di channel publik seperti YouTube, Anda juga akan mendapatkan eksposure dari calon pembeli baru yang mencari informasi yang Anda berikan, membuat Anda unggul di mata kompetitor.

VIDEO WEBSERIES

YouTube yang terus berkembang dan mengumpulkan massa dan subscriber baru setiap harinya, membuat brand Andapun harus bisa mengumpulkan awareness dari para pengunjung YouTube.

Memasang iklan di YouTube saja tidak cukup! Memiliki channel dengan webseries sendiri di YouTube adalah salah satu cara paling efektif untuk menumbuhkan follower Anda, dan meningkatkan brand awareness Anda di pasar!

Contoh:

Bila brand Anda berbisnis dalam toko online, Anda mungkin bisa membuat sitcom tentang dua pemuda konyol yang hidup dengan berjualan online; bila Anda berbisnis di bidang makanan sehat, mungkin Anda bisa membuat webseries tentang tutorial memasak dengan resep rumahan; atau bila brand Anda bicara soal penerbitan buku, Anda mungkin akan tertarik membuat video- video tutorial tentang cara menulis buku.

  • Membangun channel berisi webseries Anda sendiri akan mengumpulkan subscriber dan follower brand, yang akan menjadi calon pembeli dan pengikut brand Anda. Orang tidak akan men-skip video Anda seperti mereka men-skip iklan, tapi mereka justru akan datang untuk menontonnya!
  • Video webseries adalah konten channel YouTube Anda (atau media streaming lainnya), yang menggunakan teknik soft selling, tidak berbentuk iklan, tapi berbentuk informasi dan hiburan, untuk membina hubungan dengan pasar.
  • Dengan membuat YouTube channel untuk brand Anda, Anda membangun brand awareness yang kuat dan mengumpulkan pengikut setia brand Anda dengan potensi engagement tinggi.
Baca Panduan  Apa Itu Content Marketing?

E- BOOK

Ebook adalah alat untuk meningkatkan brand awareness terbaik yang pernah ada!

Bagaimana seseorang atau brand tertentu bisa dipandang sebagai expert atau pakar di bidangnya? Simplenya, karena seseorang atau brand itu pernah menulis dan menerbitkan buku!

Di era di mana budaya sharing dan berbagi online tumbuh subur, ebook bisa jadi alat branding yang paling kuat dan paling berharga, bahkan dibandingkan buku yang dicetak dan diterbitkan secara fisik.

Apa brand Anda sudah menerbitkan ebook?

Contoh:

Bila brand Anda berbisnis di otomotif misalnya, kenapa tidak menerbitkan buku soal “Bangun dan Modifikasi Mobil Anda sendiri”? Bila bisnis Anda di bidang HRD dan pengembangan karyawan, kenapa tidak menerbitkan buku soal “30 Teknik Manajerial untuk Start Up”? Atau bayangkan bila brand Anda adalah tentang kue kering, menulis buku berjudul “100 Resep Kue Kering Terlezat” akan membawa brand Anda lebih baik lagi di pasar Anda.

  • E- book akan menempatkan brand Anda menjadi ahli dan expert di bidang usaha Anda!
  • Menerbitkan dan menyebarkan ebook gratis akan menunjukkan pada pelanggan dan calon pembeli bahwa Anda perduli pada mereka dan ingin berbagi informasi berharga untuk mereka.
  • Dengan menerbitkan ebook yang berharga secara gratis, orang akan membagi ebook Anda, dan memberikan Anda brand awareness lebih luas lagi.

E- MAGAZINE

E-magazine dapat menjadi senjata utama dalam mengumpulkan brand follower Anda!

Majalah sebagai alat pembangun komunitas telah terbukti kekuatannya sejak dulu. Namun di era ini, brand Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya cetak yang terlalu besar untuk memproduksi majalah secara fisik. Alternatifnya adalah e- magazine.

E-magazine mendikte gaya hidup konsumen Anda, dan sekali lagi mengokohkan posisi brand Anda sebagai pembentuk opini pasar.

  • E- magazine yang rutin adalah senjata terbaik Anda untuk mengumpulkan komunitas, karena e- magazne bersifat dan membahas konten- konten gaya hidup yang dicari oleh target audience dengan minat yang sama.
  • E- magazine yang dibagikan dalam bentuk digital secara gratis bisa membantu penyebaran brand Anda dengan cepat, di kalangan leads yang sama.
  • Dengan menawarkan e- magazine secara gratis untuk ditukar dengan email subscriber, Anda bisa mendatangkan leads baru lebih banyak, dan mengumpulkan data contact yang jauh lebih relevan daripada iklan, dan lebih cepat daripada majalah cetak.

Setiap jenis konten memiliki kelebihan sendiri, dan kekurangan sendiri.

Memilih jenis konten terbaik untuk setiap kondisi adalah tugas Anda sebagai brand, atau sebagai konten kreator, dalam membuat konten, dan menyukseskan program Content Marketing Anda!

Selamat berkarya dan membuat konten!