Memilih Keyword untuk Membuat Konten Berkualitas

//Memilih Keyword untuk Membuat Konten Berkualitas

Memilih Keyword untuk Membuat Konten Berkualitas

Saat memutuskan untuk membuat konten, kebanyakan pemilik website atau brand melakukan kesalahan mendasar, dengan membuat artikel ‘seadanya’, asal ada konten rutin, atau dengan membuat konten- konten dengan topik yang sekedar sesuai selera mereka.

Dengan melakukan ini, mereka lalai dan luput mempertimbangkan pertanyaan- pertanyaan terpenting dalam Content Marketing:

“Apakah target audience dan konsumen saya memang mencari konten ini?”
“Apakah konten ini menjawab pertanyaan target audience dan konsumen saya?”

Dan sebagai akibatnya, program dan kampanye Content Marketing mereka tidak berjalan sesuai harapan, karena konten mereka ternyata tidak dicari, tidak bisa ditemukan, tidak menarik traffic, dan tidak menjawab kebutuhan konsumen!

Salah satu solusinya, adalah dengan melakukan keywording, atau melakukan riset kata kunci yang memang dicari oleh target audience Anda, dan membuat konten berdasarkan kata kunci tersebut!

 

Bagaimana Melakukan Riset Keyword/ Kata Kunci

Inti dari memilih keyword dan kata kunci yang ideal untuk program Content Marketing Anda, adalah membuat konten dari keyword yang memang:

  • Berkaitan erat dan menjelaskan industri Anda, produk, dan brand Anda.
  • Dicari secara aktif di Google search oleh target konsumen dan target audience Anda.
  • Dicari dengan keyword longtail untuk informasi atau hiburan, oleh konsumen Anda.
  • Bisa dikaitkan dengan keyword yang sedang trending, dan bisa Anda manfaatkan dalam bisnis Anda.

Anda mencari keyword ideal yang bisa dijadikan bahan untuk konten Anda.

Tapi bagaimana untuk menemukan kata kunci yang tepat? Bagaimana kita bisa mengetahui kata kunci apa saja yang dicari secara aktif, apa keyword longtail, dan apa saja keyword yang sedang trending dalam bisnis dan industri Anda?

Berikut langkah- langkah yang bisa Anda lakukan.

 

1. Kumpulkan Seluruh Keyword Anda.

Anda perlu mengumpulkan seluruh keyword dan kata kunci yang berhubungan dengan bidang Anda, produk Anda, atau bisnis Anda secara keseluruhan. Kumpulkan semua kata kunci yang terbayang di kepala Anda, tanpa terkecuali.

Catat seluruh keyword tersebut, baik kata yang umum (misalnya: sepatu, sepatu kets, sepatu kulit, sepatu wanita, sepatu pria), hingga kata kunci longtail atau kata kunci detail, yang menurut Anda mendeskripsikan dan berhubungan dengan produk, brand, dan industri Anda (misalnya: sepatu kulit buaya, sepatu kets wanita untuk lari pagi, sepatu pria casual formal untuk ke kantor).

Anda bisa menggunakan excel untuk mencatat dan mengelompokkannya berdasarkan kategori.

Contoh: Dalam kategori “Sepatu kets”, berbagai kata kunci longtail yang mungkin ada adalah “sepatu kets untuk lari”, “sepatu kets untuk tennis”, “sepatu kets wanita”, “merawat sepatu kets”, “sepatu kets murah”, dan sebagainya.

Atau berdasarkan lokasi bisnis Anda, atau lokasi target Anda.

Contoh: “Sepatu di Bandung”, “sentra sepatu kets Gatot Subroto”, “sepatu murah di area Jakarta Selatan”, dan sebagainya.

Atau berdasarkan karakter brand Anda.

Contoh: “Sepatu kets serba guna”, “sepatu kets untuk ke kantor”, “sepatu kets dengan desain kreatif”, atau “perawatan sepatu elegan”, dan sebagainya.

2. Tambah Koleksi Keyword Anda dengan Google Search Suggestions.

Baca Panduan  Cara Membuat Kalender Editorial untuk Content Marketing

Setelah mendata dan memiliki koleksi keyword Anda, sekarang saatnya menambah koleksi keyword dan kata kunci itu, dengan salah satu sumber termudah dan terpercaya, Google Search Suggestions.

Saat Anda membuka Google dan mencoba mencari sesuatu, Anda akan menyadari bahwa Google selalu mencoba memberikan saran untuk melengkapi kata kunci pencarian yang sedang Anda ketik dalam kolom pencariannya.

Inilah yang disebut Google Search Suggestions.

Search Suggestions ini biasanya merupakan kata- kata kunci yang SERING DICARI di internet, artinya, membantu Anda menemukan keyword yang berharga untuk brand Anda!

Masukkan kata- kata pertama dari keyword Anda, dan catat suggestion yang muncul yang relevan dengan brand Anda.

3. Perbanyak Terus Koleksi Keyword Anda dengan Related Searches.

Keyword Anda sudah cukup?

Anda sudah siap merencanakan konten Anda?

Belum!

Sebelum bahkan Anda memulai membuat konten atau rencana konten untuk program Content Marketing untuk bisnis Anda selama beberapa bulan ke depan, Anda masih bisa menambahkan koleksi keyword Anda.

Kembali ke Google search, dan cari beberapa kata kunci Anda.

Di bagian bawah SERPS (Search Engine Result Pages) atau halaman hasil pencarian Anda, Anda akan menemukan beberapa kata kunci lain yang terkait dan relevan, dengan kata kunci ini. Kata kunci ini pun merupakan kata kunci yang populer dicari di internet, dan berkaitan dengan bisnis Anda.

Di sini Anda akan mendapatkan ide keyword lain, yang mungkin belum terpikir sebelumnya, yang mungkin justru lebih bersifat informatif, longtail, dan ideal untuk dijadikan konten brand Anda.

Contoh: Ternyata, setelah memasukkan kata kunci “merawat sepatu”, Anda menyadari dari Google related search bahwa banyak kata kunci yang lebih ideal untuk dijadikan konten brand Anda, seperti, “cara merawat sepatu kulit”, “cara merawat sepatu agar tidak pecah”, “merawat sepatu beludru” dan sebagainya.

Keyword- keyword informatif seperti inilah yang Anda cari untuk menarik traffic ke website Anda!

4. Periksa Popularitas Koleksi Keyword Anda dengan Google Keyword Planner.

Dengan koleksi keyword yang banyak ini, sekarang adalah saatnya untuk memilih, mana keyword yang menjadi prioritas Anda, dan akan lebih dulu Anda buat menjadi dasar konten Anda!

Baca Panduan  Apa Itu Content Marketing?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan popularitas kata kunci Anda, dan salah satu cara terbaik, gratis, dan bisa Anda lakukan adalah menggunakan Google Keyword Planner.

Pergilah ke https://adwords.google.com/KeywordPlanner , dan Sign in menggunakan akun Google Anda.

Di situ, Anda bisa memilih pilihan “Search for new keywords“, atau “Get search volume data and trends“, dan masukkan beberapa kata kunci yang sudah Anda suka.

Google Keyword Planner akan melakukan pencarian database, dan memberitahu Anda, alternatif keyword lain, dan berapa banyak pencarian rutin per bulan untuk setiap keyword! Ini adalah informasi yang sangat berharga!

Dengan informasi ini, kini Anda bisa memilih prioritas keyword Anda, dan membuat konten untuk program Content Marketing Anda, dari kata kunci yang paling populer, ke yang paling tidak populer.

Catat dan rencanakan editorial Content Marketing Anda berdasarkan topik pilihan dari keyword yang telah Anda pilih!

 

Bagaimana Mengoptimasi Konten dari Keyword Ideal Anda

Kini saatnya membuat konten Anda!

Salah satu tujuan utama melakukan riset dan pencarian keyword untuk konten Anda adalah untuk membuatnya mudah ditemukan, saat calon konsumen Anda melakukan pencariannya di Google search.

Algoritma Google berpegang teguh pada relevansi, konten, dan konteks dalam menampilkan rank halaman website dalam SERPs. Artinya, Anda harus mengoptimalkan halaman konten Anda dengan keyword tersebut, seoptimal mungkin, untuk membuat konten Anda dibaca dengan baik oleh Google sebagai jawaban dari kata kunci itu.

Ini akan membuat Google menampilkannya dengan ranking tinggi dalam SERPs- nya!

Kita akan membicarakan tips- tips optimasi konten lebih jauh di panduan- panduan Content Marketing selanjutnya, tapi untuk saat ini, berikut beberapa tips untuk mengoptimalkan keyword dalam membuat konten Anda.

  1. Gunakan keyword dan kata kunci itu selengkap mungkin sebagai judul konten/ artikel.
  2. Gunakan keyword dan kata kunci itu selengkap mungkin dalam URL dan link artikel.
  3. Gunakan keyword itu dalam konten, dan ulangi sesering mungkin. TAPI lakukan dengan alami, dan dalam kalimat yang komprehensif. Pengulangan asal tanpa konteks justru akan menurunkan rank konten Anda!
  4. Gunakan keyword itu dalam header dan subheader (H1- H3).
  5. Gunakan keyword itu dalam page description Anda.
  6. Gunakan keyword itu dalam tag dan meta tag Anda.
  7. Gunakan keyword itu dalam nama file dan deskripsi gambar dalam konten Anda.

Lakukan hal ini dalam semua konten yang Anda buat, dan buatlah konten Anda secara rutin untuk membantu konten dan website Anda mudah ditemukan oleh calon pelanggan, dan menyukseskan program Content Marketing Anda!

 

By |2018-12-25T18:52:04+00:00June 26th, 2016|Panduan Content Marketing|0 Comments